14
Tips untuk menghemat BBM pada kendaraan bermotor
1.
Cek Tekanan Ban
Sepele, tapi
besar manfaatnya dalam menghemat konsumsi BBM. Karena kalau tekanan angin
kurang, dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%. Jadi pastikan tekanan ban di
motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.
2.
Cek Kondisi Roda
Contoh dari
kelurusan putaran, kelancaran putaran roda dan lainnya. Sebab apabila putaran
roda berat atau tak presisi, jelas akan memperlambat laju motor. Pemicunya
pelek tidak center(speleng), bearing roda aus atau kurang pelumasan dan
sebagainya.
3.
Atur Jarak Main Rem.
Apabila rem
sampai menempel, tentu akan bikin lari motor jadi berat. sehingga pemakaian
bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor. Makanya, atur jarak main tuas rem
motor baik depan maupun belakangminimal 1/3 dr jarak main tuas secara
keseluruhan. Jangan telalu rapat, karen dikhawatirkan kampas rem jadi menempel.
4.
Pelumas
Daya lumas
oli yg baik mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga
kompresi di ruang bakar sempurna. Ini akan menciptakan power mesin lebih
optimal, sehingga lari motor lebih cepat (jarak tempuh jauh), namun bensin
hemat. Ingat pengantian oli secara rutin dan tak melebihi batas servis yang di
anjurkan (tiap 2.000-2.500KM) akan membuat performa mesin selalu segar dan
putaran yang lancar.
5.
Setel Klep
Celah klep
terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun. Pengendara pun
cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi cepat, efeknya, BBM
banyak terpakai, untuk itu, kerenggangan komponen ini kudu disetel tepat sesuai
spesifikasi motor masing”.
6.
Stel Kopling
Stelanya
jangan sampai terlalu sensitif. Maksudnya, saat tuas kopling ditekan, gigitan
kampas kopling jadi cepat ngelos. Hal ini membuat kopling mudah selip saat gas
di pelintir. Lari motor pun jadi tertahan, tapi putaran mesin meninggi. Selain
itu, pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik. bisa sudah
tipis/aus segeralah ganti baru.
7.
Busi
Umur kerja
busi, efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM. Lebih dari itu, performa
busi mulai menurun. Hasil pembakaran di ruang bakar juga ngedrop, alhasil
pemakaian BBM menjadi boros, sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan
sempurna, tenaga mesin pun loyo. Oh ya, bila umur busi masih efektif, rajinlah
dibersihkan saat servis rutin, sebab bila elektroda busi sampai diselimuti
kerak, bisa menurunkan kualitas percikan busi. Selain itu, atur pula
kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yg di anjurkan.
8.
Filter Udara
Filter jenis
viscous element tak boleh di bersihkan atau disemprot angin bertekanan. sebab
akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya. Bila
tampak kotor kudu diganti baru.tapi yg berbahan busa,masih bisa dicuci. Selain
menghemat konsumsi BBM, tarikan motor pun jauh lebih enteng.
9.
Servis/Setel Karburator (tidak berlaku untuk injeksi).
Di anjurkan
tiap kali servis rutin guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat
kotoran. Sehingga selalu didapat efek pengabutan bahan bakar yg sempurna.
Selain itu, setelan ketinggian pelampung, sekrup udara atau pilot air screw
juga sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin. Bila dilakukan tepat, dapat
memperbaiki power mesin hingga 0,5dk dan tentu berdampak bikin irit konsumsi
BBM.
10.
Upgrade Sistem Pendinginan
Stabilitas
suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu. makanya, akali dengan
memasang oil cooler.
Untuk motor
penganut sistem pendingin cair, bila ingin suhu radiator dan mesin tetap
terjaga ideal saat motor terjebak macet, bisa menambahkan kipas pendingin.
11.
CDI Racing (tidak berlaku untuk ECU)
Mengingkatkan
power mesin sekaligus ngirit bensin, lewat mengatur ulang timing pengapian.
Umumnya dibikin lebih maju dari timing standartnya. Paling gampang, ganti otak
pengapian dengan CDI tipe racing. Penerapan langkah ini dapat mengefisiensikan
pemakaian BBM hingga 15% lo.
12.
Ringankan Beban Motor.
Motor yg
berat bikin lari ikut berat. Pengendara jadi sering memilintir gas dalam saat
mau berakselerasi cepat. Jadi, sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan
yang dapat membuat bobot motor bertambah. Gunakan variasi yang berbobot
enteng/ringan. Misal pelek alumunium, swing arm dan sebagainya.
13.
Gunakan BBM Sesuai Karakter Motor.
Bila
misalnya motor Anda hanya perlu menggunakan BBM dari jenis premium, tak perlu
Anda ganti dengan pertamax atau pertamax plus hanya dengan keyakinan motor
bakal berlari lebih kencang. Pabrikan sebetulnya telah membuat komposisi paling
ideal antara tipe mesin dengan jenis BBM, tetapi memang kalau menggunakan BBM
pertamax atau pertamax plus mesin motor akan lebih bersih karena terkandung zat
aditif yang dapat membersihkan kerak ada mesin.
14.
Cara Berkendara
Kesemua cara
ngiritin BBM ini akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara yang benar!!.
Kalo anda masih suka kebut-kebutan, sering memblayer gas saat motor berhenti,
sering main selip kopling dan lainnya. Sebaiknya, jalankan motor dengan kalem,
mengurut gas perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada
kondisi kecepatan dan putaran mesin yg pas, dijamin konsumsi BBM anda akan jauh
lebih irit.