Definisi Antar Muka
Antar
muka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara
pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat
menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada
pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah
sampai ditemukan suatu solusi.\
User
interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis
pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan
memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step
sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem.
Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam
memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan
kesulitan dalam mengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu
diperlihatkan.
Antarmuka
Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang
disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna
dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang
bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis teknologi
antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical User
Interface(GUI) :
1. Command Line Interface(CLI)
CLI
adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem
operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program
di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris
tertentu. Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki
nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya
sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating
System (MS-DOS) memberi nama command.com atau
Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya
PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal,
sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.
2. Graphical User Interface(GUI)
GUI
adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi
dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan
menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device)
seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa
diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).
Terdapat 6 macam fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna telematika.
Fitur-fitur itu antara lain:
1. Head Up Display System
Head
Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan
data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari
sudut pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat
melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke
arah depan daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD
dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah
digunakan pada penerbangan sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi
lainnya.
Contoh Head Up Display (HUD) :
· Automobile
General
Motors mulai menggunakan display head-up pada tahun 1988 dengan layar
warna, pertama muncul pada tahun 2001 pada Corvette. Pada tahun 2003,
BMW menjadi produsen Eropa pertama yang menawarkan HUDs. Menampilkan
menjadi semakin tersedia dalam mobil produksi, dan biasanya menawarkan
speedometer, tachometer, dan menampilkan sistem navigasi. Tampilan malam
pun juga ditampilkan melalui HUD di General Motors tertentu, Honda,
Toyota dan kendaraan Lexus. Manufaktur lainnya seperti Citroen, Saab,
dan Nissan saat ini menawarkan beberapa bentuk sistem HUD. HUDs Sepeda
Motor helm juga tersedia secara komersial.
2.Tangible User Interface
Tangible
User Interface, yang disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang
dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama
inisial Graspable User Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah
satu perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor di Laboratorium
Media MIT yang memimpin Tangible Media Group. Pandangan istimewanya
untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu memberikan bentuk fisik
kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat dimanipulasi dan
diamati secara langsung.
Contoh Tangible User Interface (TUI) :
· Mesin
Penjawab Marmer oleh Durrell Uskup (1992). marmer adalah merupakan
suatu pesan yang ditinggalkan di mesin penjawab. Menjatuhkan marmer ke
piring pemutar,lalu memutar ulang pesan yang terkait.
· Sistem
Topobo. Blok di Topobo seperti blok LEGO yang bisa diambil
bersama-sama, tetapi juga dapat bergerak sendiri menggunakan komponen
bermotor. Seseorang dapat mendorong, menarik, dan memutar blok-blok, dan
blok-blok bisa menghafal gerakan-gerakan ini dan menggulang kembali
gerakan-gerakan tersebut.
3.Computer Vision
Computer
Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari
mesin yang melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan
dengan teori yang digunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan
yang membutuhkan informasi dari citra (gambar). Data citranya dapat
dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video, pandangan deri beberapa
kamera, data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaian medis.
Contoh aplikasi dari computer vision :
Beberapa aplikasi yang dihasilkan dari Computer Vision antara lain :
· Psychology, AI – exploring representation and computation in natural vision
· Optical Character Recognition – text reading
· Remote Sensing – land use and environmental monitoring
· Medical Image Analysis – measurement and interpretation of many types of images
· Industrial Inspection – measurement, fault checking, process control
· Robotic – navigation and control
4.Browsing Audio Data
Browsing
Audio Data merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk
browsing video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera.
Contoh Browsing Audio Data:
informasi
yang dapat dicari (browsed) melalui internet, yaitu: informasi berupa
teks (text/plain, text/html), image (image/gif, image/jpeg, image/png),
video (video/mpeg, video/quicktime), audio (audio/basic, audio/wav) dan
application (application/msword, application/octet-stream).
5.Speech Recognition
Dikenal
juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau
pengenal suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah
satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan.
Istilah ‘voice recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech
recognition dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara
istimewa, seperti pada kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi,
oleh karena itu disana terdapat aspek dari pengenal pembicara, dimana
digunakan untuk mengenali siapa orang yang berbicara, untuk mengenali
lebih baik apa yang orang itu bicarakan. Speech recognition merupakan
istilah masukan yang berarti dapat mengartikan pembicaraan siapa saja.
Contoh Speech Recognition :
· Aplikasi
perawata kesehatan. dalam metode perawatan kesehatan domain, bahkan di
bangunmeningkatkan teknologi pengenalan suara (transcriptionist medis
(MTs) belum menjadi ibunya.
6.Speech Synthesis
Speech
synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia.
Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer dan
dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras. Sebuah sistem
text to speech (TTS) merubah bahasa normal menjadi pembicaraan.
Contoh Speech Synthesis :
· sebuah
sistem text-to-speech (TTS) yang dapat mengkonversikan teks dengan
bahasa biasa menjadi suara. Program TTS yang jelas dapat membantu orang
dengan gangguan visual atau ketidakmampuan membaca, untuk mendengarkan
pada pekerjaan yang tertulis dalam komputer. Banyak Sistem Operasi
komputer yang telah dimasukkan speech synthesizer sejak tahun 1980-an.
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka
http://www.scribd.com/doc/206037173/Teknologi-Yang-Terkait-Antar-Muka-Telematika
https://ahmadzackyfitra.wordpress.com/2015/11/17/fitur-pada-antarmuka-telematika/
http://pjj-vedca.depdiknas.go.id/literasi/modul/Browsing_Internet.pdf
http://www.webopedia.com/TERM/V/voice_recognition.html